Sabtu, 12 Mei 2012

Sistem Pendidikan Negara Finlandia terbaik di Dunia

Sistem Pendidikan Negara Finlandia terbaik di Dunia

Mengajar Tergantung kpd Keteramilannya  
Tahukah Anda negara mana yang kualitas pendidikannya menduduki peringkat pertama didunia? Kalau Anda tidak tahu, tidak mengapa karena memang banyak yang tidak tahu bahwa peringkat pertama untuk kualitas pendidikan adalah Finlandia. Negara dengan ibukota Helsinki(tempat ditandatanganinya perjanjian damai antara RI dengan GAM) ini memang begitu luar  biasa. Peringkat 1 dunia ini diperoleh Finlandia berdasarkan hasil survei internasional yangkomprehensif pada tahun 2003 oleh Organization for Economic Cooperation and Development(OECD). Tes tersebut dikenal dengan nama PISA (Programme for International StudentAssesment) mengukur kemampuan siswa di bidang Sains, Membaca, dan juga Matematika.Hebatnya, Finlandia bukan hanya unggul secara akademis tapi juga menunjukkan unggul dalam pendidikan anak-anak lemah mental. 

Ringkasnya, Finlandia berhasil membuat semua siswanyacerdas. Lantas apa kuncinya sehingga Finlandia menjadi Top No 1 dunia? Dalam masalahanggaran pendidikan Finlandia memang sedikit lebih tinggi dibandingkan rata-rata negara diEropa tapi masih kalah dengan beberapa negara lainnya.Finlandia tidaklah menggenjot siswanya dengan menambah jam-jam belajar, memberi beban PR tambahan, menerapkan disiplin tentara, atau memborbardir siswa dengan berbagai tes.Sebaliknya, siswa di Finlandia mulai sekolah pada usia yang agak lambat dibandingkan dengannegara-negara lain, yaitu pada usia 7 tahun, dan jam sekolah mereka justru lebih sedikit, yaituhanya 30 jam perminggu. 
Bandingkan dengan Korea, ranking kedua setelah Finlandia, yangsiswanya menghabiskan 50 jam perminggu.Apa gerangan kuncinya? Ternyata kuncinya terletak pada kualitas guru. Di Finlandia hanya adaguru-guru dengan kualitas terbaik dengan pelatihan terbaik pula. Profesi guru sendiri adalah profesi yang sangat dihargai, meski gaji mereka tidaklah fantastis. Lulusan sekolah menengahterbaik biasanya justru mendaftar untuk dapat masuk di sekolah-sekolah pendidikan, dan hanya 1dari 7 pelamar yang bisa diterima. Persaingannya lebih ketat daripada masuk ke fakultas hukumatau kedokteran! Bandingkan dengan Indonesia yang guru-gurunya dipasok dari siswa dengankualitas seadanya.

1 komentar:

  1. artikel yang menarik.... salam kenal yah... jalan2 ke pojokpakdani.blogspot.com

    BalasHapus